Tips unTuk Anak yG Susah Makan

Senengnya liat Farrel.. stiap hari ada saja kepintaran mu nak… Skarang ini alhamdulillah Farrel udah makan nasi keras.. Perjuangan yang keras juga neh.. bunda harus sabar dan terus berusaha agar Farrel mau.. Tepatnya saat 14 bulan.. Farrel udah mau makan nasi..tapi nasi putih doang.. ga mau pake lauk apapun. Wah.. mangnya mo “mutih” (puasa lauk).. Naah.. bunda harus cari siasat dunk biar Farrel mo maem..hihihi.. dikit-dikit disembunyiin dibawa nasinya..Tapi dasar anak pinteer.. ketahuan deeh.. hihihi.. dilepeh terus.. tapi bunda ga berhenti mencoba..

Mencoba menu baru yang bervariasi. Cobain bikin suup eh Farrel ga doyan.. Cobain bayam juga ga doyan.. huhuhu.. bunda bingung, Farrel ga mo makan sayur. Tapi daripada nangis lebih baik bunda mikir..napa ya Farrel ga suka…oooo ternyata Farrel ga suka berkuah..Wah kering dunk…seret boow.. Tapi karena Farrel lum mau..ya ga bunda paksain dunk.. So.. paling Farrel maem pake ayam disuir, daging kecap disuir, ati disuir, wortel dipotong super kecill dan smua yang serba disuir.. hehe.. Biar ga keselek..

Gimana dengan temen-temen Farrel? Maemnya lancarkan??

Berikut tips-tips untuk anak yang susah makan :

1. Bagi ibu yang bekerja, luangkan waktu sebentar saja tetapi berkualitas untuk menyuapi anaknya. Sebab, sebenarnya anak-anak sangat mengerti bila ibunya bekerja.

2. Berikanlah kepuasan psikis kepada anak yang sesuai dengan usianya, dan buatlah agar suasana hatinya senang, misalnya anak makan sambil jalan-jalan, melihat kereta api, dan lain-lain. Problem utama anak susah makan itu 6 bulan sampai 2 tahun. ”Asal usia itu terlewati dengan bagus, Insya Allah ke depannya tidak ada masalah.”, tutur Soeroyo.

3. Pada saat orang tua baik ibu maupun ayahnya pulang kerja, pertama kali yang harus dipegang atau disapa adalah anaknya. Jangan yang lain.

4. Jangan memaksa anak makan sampai mencekoki, mencubit atau bahkan memelototi. Bagaimana bila anak tidak mau sayur, tahu-tempe, dan makanan bergizi lainnya? Soeroyo menyarankan sebaiknya anak ‘dilaparkan’ dulu. ”Tetapi, kita siapkan makanan yang sudah kita programkan, nanti berangsur-angsur dia akan mau, tetapi memang perlu telaten, disiplin.”,
jelas dia.

5. Sebaiknya sedini mungkin kita menerapkan penghargaan dan hukuman yang edukatif. Misalnya, pada waktu anak mau makan dipuji, diajak jalan-jalan, ciuman, pelukan. Bila tidak mau makan, katakan, misalnya, ibu atau ayah tidak mau lihat televisi bersama-sama, tidak mau jalan-jalan lagi.

6. Pada anak berusia setelah empat bulan-enam bulan, baik diberi bubur instan asalkan anak tak alergi susu. Setelah anak berusia enam bulan, lebih bagus membuat bubur sendiri, karena ada macam-macam pilihan sayuran dan lauk-pauk yang bisa mengurangi kejenuhan rasa. Misalnya, hati dengan bayam, kemudian wortel dengan tempe, kangkung dengan tahu, dan sebagainya. Namun, bila dengan makanan tersebut anak mengalami diare atau muntah maka menu harus dievaluasi.

7. Pada saat bayi mengalami perubahan makanan seperti enam bulan, sembilan bulan satu tahun, dia akan merasa-rasakan karena rasanya aneh sehingga kadang dimain-mainkan seperti dimuntahkan, ini harus dimasukkan lagi. Prinsipnya bila makanan tersebut dimuntahkan, harus sedikit-sedikit dan makanannya harus lebih cair lagi.

8. Pada kasus anak yang mengalami gangguan psikis yang manifestasinya pada lambung dengan muntah bisa teratasi kira-kira setelah tiga tahun. Tetapi, kasus seperti itu jarang dan tidak menjadi masalah asal kebutuhan gizi, kalori, lemak, proteinnya tercukupi.

*balitacerdas.com

10 thoughts on “Tips unTuk Anak yG Susah Makan

  1. moms, gracia uda makan nasi juga dari setaon…malah 13 bulan ini nasinya uda g di penyet kale….ama apa aja seh, uda ikut menu kita, cuma rasa asin,manis g terlalu…mau sehh…cuman y itu, klo uda dikunyah, disimpen aja di mulut…kadang asyik maen…sedang klo makan digendong, gracia marah,nangis….jadinya gimana dunk moms…secara mamanya kerja so, g bisa nyuapin hari2….( minggu pun g bisa, karna hari minggu..hari gracia…kolokannya selangittt..hihi)

  2. graciainggrid said: malah 13 bulan ini nasinya uda g di penyet kale….ama apa aja seh, uda ikut menu kita, cuma rasa asin,manis g terlalu…mau sehh…cuman y itu, klo uda dikunyah, disimpen aja di mulut…kadang asyik maen…

    Iya, Farrel juga maemnya udah ga dipenyet lagi. Asli nasi keras n lauknya bareng ma kita. Cuman ga pedez aja. hehehe..Mungkin kita harus rajin mujuknya mom, ato bs dibantu dg air minum biar cepet masuknya..(tp g usah byk2).Kalo Farrel bgtu dibilang..ayoo maem nti dikasih minum (teh misalnya)..lgs cepet dihabisin maemnya. Bs mom coba cari.. gracia seneng apa..

  3. akuhanif said: hanif 15 bulan lagi g mau makan. udah segala cara teuteup g mau makan. udah dari variasi makanan, sampe segala tips deh, tetep susah. pusyiiing..

    Iya bund.. Ada saat2nya baby susah makannya.. kadang saat baby ga mau makan.. dibiarin aja tu makanannya..nti selang 15 menit kemudian dicobain lagi. Oh iya bund, apa mgkn waktu bunda cobain hanif lagi kenyang? Salah satu tips yang aku lakukan sih..pas mo ngasih makan Farrel ya kira2 saat dia lapar dan ga aku kasih susu dulu..

  4. akuhanif said: hanif 15 bulan lagi g mau makan. udah segala cara teuteup g mau makan. udah dari variasi makanan, sampe segala tips deh, tetep susah. pusyiiing..

    waa……iffa (12bln) dimasak nasi tim dgn lauk-pauk yg udah disuir2…so…gizi nya lengkap….peralihan dr bubur-blender ke nasi-tim umur 11 bln, bukan krn mama yg ajarin lho…tp iffa nya yg mmg gak mau lg, pdhal waktu itu gigi nya baru 4 bh… klo diks nasi org dewasa iffa jg doyan banget tuh…apalg kl yg agak pedes hihihi…iffa doyan tp mama yg khawatir…..

  5. iffakhalisha said: klo diks nasi org dewasa iffa jg doyan banget tuh..

    wah.. sama dunk.. Farrel juga doyan makan nasi org dewasa.. y udah bunda kasih aja, dan Farrel paling seneng kalo maemnya bareng (1 piring barengan sambil disuapi) daripada disuapi dan pake piring Farrel sendiri..

  6. iffakhalisha said: apalg kl yg agak pedes hihihi…iffa doyan tp mama yg khawatir…..

    sama lagi nih bund.. hehe.. Yang pedes doyan..tapiii habis itu rambutnya basaaah smua, mana rambut Farrel tipis lagi.. kayak habis mandi deh jadinya..heheh

  7. iffakhalisha said: apalg kl yg agak pedes hihihi…iffa doyan tp mama yg khawatir…..

    alhamdulillah attar ga susah makan,dari bayi sampe sekarang..semuanya mau.apalgi sayur n buah,krupuk juga. dari bubur saring dah dibiasain makan sayuran, pernah makan jus mangga,de el el.sekarang makan nasi biasa n laukpauk,dikasi kuah biar cepet makannya. variasiin juga kadang bikin pizza sendiri, ato kue2an,nasi goreng yg kita2 makan juga doyan cuman takut mencret tar jadi ga dikasi banyak,jeruk asem pun doyaaan bgt..wah…speechles deh.sayur kayak terong di sayur lodeh-in pun mau kok..pernah sempet agak2 susah makan, ya udah biarin dulu sampe dia laper baru lahap deh😛

  8. drfifinelaraissa said: alhamdulillah attar ga susah makan,dari bayi sampe sekarang..semuanya mau.apalgi sayur n buah,krupuk juga. dari bubur saring dah dibiasain makan sayuran, pernah makan jus mangga,de el el.sekarang makan nasi biasa n laukpauk,dikasi kuah biar cepet makannya. variasiin juga kadang bikin pizza sendiri, ato kue2an,nasi goreng yg kita2 makan juga doyan cuman takut mencret tar jadi ga dikasi banyak,jeruk asem pun doyaaan bgt..wah…speechles deh.sayur kayak terong di sayur lodeh-in pun mau kok..pernah sempet agak2 susah makan, ya udah biarin dulu sampe dia laper baru lahap deh😛

    Alhamdulillah..Duuh Attar pinter y maemnya..🙂

  9. drfifinelaraissa said: alhamdulillah attar ga susah makan,dari bayi sampe sekarang..semuanya mau.apalgi sayur n buah,krupuk juga. dari bubur saring dah dibiasain makan sayuran, pernah makan jus mangga,de el el.sekarang makan nasi biasa n laukpauk,dikasi kuah biar cepet makannya. variasiin juga kadang bikin pizza sendiri, ato kue2an,nasi goreng yg kita2 makan juga doyan cuman takut mencret tar jadi ga dikasi banyak,jeruk asem pun doyaaan bgt..wah…speechles deh.sayur kayak terong di sayur lodeh-in pun mau kok..pernah sempet agak2 susah makan, ya udah biarin dulu sampe dia laper baru lahap deh😛

    anak saya abyan (2,5thn) sampai sekarang belum mau atau bahkan belum bisa makan nasi,,,semua makanan harus di blender,,buah buahan juga begitu,,,klo ada yg kasar sedikit dia langsung muntah dan mogok makan,,,,saya bingung harus gimana,,,mohon bantuannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s