Abu Al-Qasim Al-Zahwari

Abu Al-Qasim al-Zahrawi (963-1013)

Kontribusinya yang besar dalam sejarah ilmu bedah dibukukan dalan ensiklopedia 30 volume yang berjudul Medical Practices atau Kitab Al-Tasrif, yang kemudian menjadi rujukan penting selama lebih dari lima abad di berbagai universitas di Eropa.

Dalam kitab al-Tasrif, al-Zahrawi banyak menguraikan hal-hal baru dalam operasi medis, sebagai blueprint dari pengalamannya selama 50 tahun di dunia pengobatan. Gherard dari Cremona menerjemahkan kitab al-Tasrif kedalam bahasa Latin yang diterjemahkan kembali kedalam berbagai bahasa seperti Hebrw, Prancis dan Inggris. Pakar bedan Prancis yang terkenal, Guy de Chauliac (1300-1368) menjadikan tulisan al-Zahrawi sebagai referensi dalam buku bedahnya. Bahkan hingga lima abad setealh al-Zahwari meninggal dunia, bukunya tetap menjadi buku wajib bagi para dokter di berbagai belahan dunia.

Al-Zahrawi adalah orang pertama yang mengenali penyakit kelainan darah (Hemopholia). Beliau membahas tentang aneka obat untuk penyembuhan pasca operasi, serta menciptakan teknik untuk menyiapkan gigi palsi dan cara memasangnya. Dunia Barat menyebut cendekiawan muslim ini dengan nama Abulcasis yang juga dikenal sebagai Bapak Ilmu Bedah Modern. Beliau menyumbangkan kemampuannya dalam bidang ilmu bedah dengan menerapkan ilmu pengobatan Islam yang dikombinasikan dengan teori kedokteran Eropa. Kedalaman ilmunya dalam bidang kedokteran, khususnya ilmu bedah, menjadikannya sebagai dokter kerajaan pada masa Raja al-Hakam II dari kekhalifahan Umayyah.
Al-Zahrawi juga menemukan lebih dari 200 peralatan bedah yang sangat signifikan dalam pelaksanaan sebuah operasi maupun perawan suatu penyakit.

2 thoughts on “Abu Al-Qasim Al-Zahwari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s