Children Of Heaven

Inilah film favoritku selama ini. Film lama yang disutradarai oleh Majid Majidi dan pernah masuk nominasi Oscar 1999 untuk kategori film asing terbaik. Film ini meraih penghargaan pada : Montreal World Film Festival, Newport International Film Festival, dan Singapore International Film Festival.

Children of Heaven menampilkan anak-anak sebagai pemeran utamanya. Film ini dimulai ketika anak laki-laki berusia 9 tahun bernama Ali (Amir Farrokh Hashemian), diminta ibunya untuk membawa sepasang sepatu adik perempuannya, Zahra (Bahare Seddiqi) ke tukang sol sepatu, lalu pergi ke pasar. Ketika di pasar, ia meletakkan tas plastik berisi sepatu Zahra didepan kios. Seorang pemulung buta tanpa sengaja mengambilnya. Akibatnya Ali dan Zahra bergantian memakai sepatu Ali untuk ke sekolah. Pagi harinya Zahra memakainya, kemudian ia harus berlari agar cepat sampai supaya Ali bisa memakai sepatu yang sama kesekolah.

Suatu ketika Zahra melihat sepatunya dipakai oleh teman sekolahnya. Ia pun memberitahu Ali. Namun akhirnya tidak tega mengambilnya karena ayah temannya itu adalah pedagang asongan buta. Hari-hari yang mereka lalui dengan bertukar pakai sepatu tersebut menimbulkan kisah yang menyentuh mulai dari sepatu Ali yang tercebur ke got/parit sampai keputusan Ali untuk menjadi juara ketiga lomba lari yang akan diikutinya. Kenapa juara ketiga? Karena hanya juara ketiga yang hadiahnya sepasang sepatu.

Film ini benar-benar menyentuh dan banyak hikmah yang dapat diambil, mulai dari anak-anak yang sangat mengerti akan kondisi keluarga sehingga mampu mengusir rasa ego masing-masing, berusaha melakukan yang terbaik, berani berkorban, saling mengasihi, lapang dada, dll. Rasanya sangat tidak lengkap bila tidak menyaksikannya sendiri. Bila boleh memberi nilai, aku akan memberi film ini bintang 5 (*****) karena begitu banyak pelajaran yang dapat dipetik, tak sekedar tontonan pada umumnya yang kurang bermanfaat. Walau sudah berkali-kali menonton dan tahu jalan ceritanya, bulir-bulir airmata tetap saja turun tatkala menyaksikan kisah perjuangan 2 orang anak tersebut dalam menjalani kehidupannya yang bisa dibilang tidak lebih dari cukup namun mereka tidak pernah berhenti berharap, tidak menyerah dan juga tidak mengeluh.

2 thoughts on “Children Of Heaven

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s